News Breaking
MEDKOM LIVE
wb_sunny

Breaking News

Bengkulu Tengah: Rp 552,65 M Dana Transfer 2025, DAU Dominan

Bengkulu Tengah: Rp 552,65 M Dana Transfer 2025, DAU Dominan

Bengkulu Tengah: Rp 552,65 M Dana Transfer 2025, DAU Dominan

Realisasi Dana Transfer ke Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah: Gambaran Komprehensif

Kabupaten Bengkulu Tengah telah menunjukkan perkembangan signifikan dalam pengelolaan dana transfer ke daerah (TKD) pada tahun 2025. Data per 3 Desember 2025 menunjukkan bahwa realisasi TKD mencapai angka Rp 552,65 miliar, atau sekitar 90,64 persen dari total pagu anggaran yang ditetapkan sebesar Rp 609,74 miliar. Angka ini mencerminkan efektivitas dalam penyaluran dan pemanfaatan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini.

Memahami Dana Transfer ke Daerah (TKD)

Dana Transfer ke Daerah (TKD) merupakan komponen krusial dari belanja negara yang dialokasikan dan disalurkan kepada pemerintah daerah. Tujuannya adalah untuk mendanai penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Dengan kata lain, TKD adalah instrumen penting untuk memberdayakan daerah dalam menjalankan program-program pembangunan dan pelayanan publik sesuai dengan kebutuhan dan prioritasnya masing-masing.

Komponen Utama Dana Transfer ke Daerah

Secara umum, TKD terbagi menjadi beberapa kategori utama, yang mencakup:

  • Transfer Dana Perimbangan:

    • Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak
    • DBH Cukai Hasil Tembakau
    • DBH Sumber Daya Alam (SDA)
    • Dana Alokasi Umum (DAU)
    • Dana Alokasi Khusus (DAK)
  • Transfer Dana Otonomi Khusus dan Penyesuaian:

    • Transfer Dana Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat
    • Transfer Dana Otonomi Khusus Provinsi Aceh
  • Transfer Dana Penyesuaian:

    • Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD)
    • Tambahan Penghasilan Guru PNSD
    • Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
    • Dana Insentif Daerah
    • Pemberian Perumahan dan Fasilitas Perumahan Daerah (P2D2)

Rincian Penyaluran TKD untuk Kabupaten Bengkulu Tengah

Hingga bulan Desember 2025, Kabupaten Bengkulu Tengah menerima alokasi TKD yang signifikan, yang terbagi dalam beberapa pos utama:

  • Dana Bagi Hasil: Rp 74,49 miliar
  • Dana Alokasi Umum: Rp 372,88 miliar
  • Dana Alokasi Khusus Fisik: Rp 38,11 miliar
  • Dana Alokasi Khusus Nonfisik: Rp 84,52 miliar

Analisis Rinci Realisasi TKD Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2025

Tabel berikut menyajikan rincian realisasi TKD per akun untuk Kabupaten Bengkulu Tengah pada tahun 2025, menunjukkan perbandingan antara anggaran/pagu dan realisasi, serta persentase pencapaiannya.

Akun Anggaran/Pagu (Miliar Rp) Realisasi (Miliar Rp) Persentase (%)
TRANSFER KE DAERAH 609,74 552,65 90,64
Dana Bagi Hasil 59,79 57,14 95,58
Dana Bagi Hasil Perkebunan Sawit 3,52 3,52 100,00
DBH PBB Bagian Daerah untuk Kabupaten/Kota 12,92 10,94 84,67
DBH PPh Pasal 21 3,40 2,75 80,94
DBH PPh Pasal 25/29 OP 0,08 0,07 82,25
DBH SDA Kehutanan - PSDH 0,03 0,03 100,00
DBH SDA Minerba - Iuran Tetap 1,01 1,01 100,00
DBH SDA Minerba - Royalti 37,91 37,91 100,00
DBH SDA Panas Bumi - Iuran Produksi 0,00 0,00 100,00
DBH SDA Panas Bumi - Iuran Tetap 0,02 0,02 100,00
DBH SDA Panas Bumi - Setoran Bagian Pemerintah 0,00 0,00 100,00
DBH SDA Perikanan 0,88 0,88 100,00
Dana Alokasi Umum 411,40 372,88 90,64
Dana Alokasi Umum 297,04 297,04 100,00
Dana Alokasi Umum Bidang Kesehatan 23,85 17,89 75,00
Dana Alokasi Umum Bidang Pendidikan 53,50 40,13 75,00
Dana Alokasi Umum Pendanaan Kelurahan 0,20 0,20 100,00
Dana Alokasi Umum Penggajian Formasi PPPK 36,80 17,62 47,88
Dana Alokasi Khusus Fisik 46,73 38,11 81,57
Dana Alokasi Khusus Penugasan 46,73 38,11 81,57
Dana Alokasi Khusus Nonfisik 91,83 84,52 92,04
Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana 3,63 3,63 100,00
Dana Bantuan Operasional Kesehatan 20,67 17,48 84,56
Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Kesetaraan 0,74 0,74 99,89
Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan - Pendidikan Anak Usia Dini 1,78 1,76 98,89
Dana Bantuan Operasional Sekolah 16,54 16,53 99,91
Dana Bantuan Pengembangan Program (BPP) Perpustakaan Daerah 0,85 0,85 100,00
Dana Ketahanan Pangan dan Pertanian 0,39 0,19 50,00
Dana Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak 0,51 0,25 50,00
Dana Tambahan Penghasilan Guru ASN Daerah 0,67 0,08 11,61
Dana Tunjangan Khusus Guru ASN Daerah 0,11 0,04 41,15
Dana Tunjangan Profesi Guru ASN Daerah 45,95 42,96 93,50
DANA DESA 106,21 92,35 86,94
Dana Desa 106,21 92,35 86,94
Dana Desa 106,21 92,35 86,94
TOTAL TKDD 715,95 644,99 90,09

Observasi Kunci dari Data Realisasi:

  • Dominasi DAU: Dana Alokasi Umum (DAU) merupakan komponen terbesar dari TKD yang diterima Kabupaten Bengkulu Tengah, menunjukkan peran pentingnya dalam mendukung belanja operasional dan program umum daerah.
  • Realisasi DAU yang Kuat: Sebagian besar DAU telah terealisasi dengan baik, dengan pengecualian pada pos Penggajian Formasi PPPK yang menunjukkan realisasi lebih rendah. Hal ini mungkin memerlukan evaluasi lebih lanjut terkait proses rekrutmen atau mekanisme pencairan.
  • Kinerja Positif pada Dana Bagi Hasil: Mayoritas pos Dana Bagi Hasil (DBH) menunjukkan realisasi yang sangat baik, bahkan mencapai 100% pada beberapa sub-pos seperti DBH SDA Kehutanan, Minerba, dan Perkebunan Sawit. Ini menandakan pengelolaan yang efisien dalam pemanfaatan sumber daya alam daerah.
  • Variasi pada DAK Nonfisik: Dana Alokasi Khusus Nonfisik memiliki variasi realisasi yang cukup luas. Beberapa program seperti Bantuan Operasional Keluarga Berencana, BOP Pendidikan Kesetaraan, BOP PAUD, dan BOS menunjukkan realisasi yang mendekati sempurna. Namun, ada beberapa pos seperti Dana Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta Dana Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak, yang baru mencapai 50% realisasi. Ini menunjukkan adanya potensi untuk peningkatan percepatan penyerapan dana pada program-program tersebut.
  • Tantangan pada Tunjangan Guru: Realisasi untuk Dana Tambahan Penghasilan Guru ASN Daerah dan Dana Tunjangan Khusus Guru ASN Daerah masih tergolong rendah. Hal ini perlu menjadi perhatian untuk memastikan kesejahteraan guru dapat tercapai sesuai dengan alokasi yang tersedia.
  • Dana Desa: Dana Desa menunjukkan realisasi yang baik, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan agar mencapai target optimal.

Secara keseluruhan, realisasi dana transfer ke daerah di Kabupaten Bengkulu Tengah pada tahun 2025 menunjukkan kinerja yang positif dan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mengelola keuangan negara. Namun, analisis mendalam terhadap pos-pos dengan realisasi rendah dapat menjadi landasan untuk perbaikan kebijakan dan strategi pelaksanaan program di masa mendatang, demi tercapainya pembangunan yang merata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar